akses pembayaran online

3 Cara Mengamankan Sistem Pembayaran Online Anda

Sekarang ini kemudahan ditawarkan bagi Anda dalam sebuah sistem pembayaran secara online. Akses pembayaran online ini sebenarnya memang bukan hal baru, mengingat sejak kehadiran internet hampir semua hal dapat dilakukan dengan melewati ruang maya, salah satunya dalam hal belanja. Bagi yang senang memanjakan diri dengan belanja online, sistem transfer uang sekarang juga tak perlu lagi dengan datang ke ATM secara langsung, karena kamu dapat menikmati akses lebih mudah secara online.

Hanya saja kebanyakan para pelaku pembayaran online ini merasa takut jika nanti data yang mereka berikan akan sampai pada pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab meskipun di satu sisi akses pembayaran secara online ini sangat mudah dilakukan. Tentunya kamu sudah tak begitu asing lagi dengan beberapa tindak kejahatan lewat dunia maya atau yang lebih dikenal dengan nama cyber crime. Data-data yang masuk bisa diretas atau dihack oleh orang lain, nah untuk menghindari hal tersebut sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  1. Memproteksi atau melindungi akun, lebih baik saat kamu menggunakan e-banking jangan pernah sekali-kali menyimpan password yang telah dituliskan, kamu harus pastikan bahwa password tak bisa dilihat oleh orang lain. Karena sering kali saat seseorang kehilangan data mereka informasi lebih penting lainnya yang hilang berkenaan dengan pembayaran.
  2. Pastikan setelah melakukan transaksi kamu me-logout, selain tidak menyimpan password logout sebenarnya juga sangat penting karena dengan begitu pengguna lain yang nantinya menggunakan ponsel atau komputer tersebut juga tak dapat menggunakannya.
  3. Sebaiknya jangan gunakan tanggal lahir sebagai kata sandi, menurut survey yang pernah dilakukan kebanyakan orang diseluruh dunia menggunakan kata sandi sebagai password rahasia mereka, padahal ini sangat berbahaya, jika nanti data diri hilang penemu bisa dengan mudah melacak dan membobol ATM kamu.

Akses pembayaran online memang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, namun semakin termanjakan Anda justru kejahatan yang mengancam juga semakin besar. Nah agar terhindar dari hal tersebut sebaiknya kamu menerapkan 3 cara tersebut saat me melakukan berbagai bentuk pembayaran online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *