Perbedaan Proteksi Tabungan Pendidikan Anak dengan Asuransi Khusus Pendidikan

Perbedaan Proteksi Tabungan Pendidikan Anak dengan Asuransi Khusus Pendidikan
Perbedaan Proteksi Tabungan Pendidikan Anak dengan Asuransi Khusus Pendidikan

Semua orang tua pastinya ingin memberikan fasilitas pendidikan terbaik untuk anaknya. Untuk itulah mereka sampai mempersiapkannya jauh-jauh hari. Ada beberapa cara untuk mempersiapkan pendidikan mereka. Misalnya dengan mengikutsertakan dalam proteksi tabungan pendidikan anak atau mengikutsertakan anak dalam premi asuransi. Memang kedua metode ini hampir sama dan banyak orang menganggap tak ada bedanya. Padahal kedua metode tersebut ternyata berbeda. Apa sajakah perbedaan kedua metode tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Ada perbedaan mendasar dan sangat mencolok dari kedua metode ini. Antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tabungan pendidikan biasanya merupakan produk dari suatu bank. Sedangkan asuransi pendidikan tentu saja sebuah produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.
  • Suku bunga atau tingkat keuntungan dari tabungan khusus pendidikan ini sudah ditetapkan oleh bank. Sedangkan dalam asuransi tingkat keuntungan yang diperoleh nasabah belum bisa dipastikan.
  • Ditinjau dari sisi proteksi, asuransi khusus pendidikan lebih besar perlindungannya. Wajar saja ini karena asuransi memberlakukan premi bagi nasabahnya. Berbeda dengan tabungan khusus pendidikan yang tidak mewajibkan pembayaran premi sehingga proteksi yang diberikan oleh bank sangat terbatas.

Itulah beberapa perbedaan mendasar dari tabungan khusus pendidikan dan asuransi pendidikan. Sebenarnya kedua jenis produk ini memiliki persamaan yakni butuh jangka waktu khusus untuk pencairan dananya.

Sekarang Anda sudah tahu bukan perbedaan proteksi tabungan untuk pendidikan anak dengan asuransi khusus pendidikan anak? Mengetahui kedua perbedaan ini sangatlah penting. Karena saat tidak mengetahui perbedaan ini mengakibatkan nasabah dan pihak bank atau asuransi terlibat sebuah permasalahan. Misalnya permasalahan tentang proteksi ataupun suku bunga yang diberikan. Tentu saja ini bisa mengakibatkan hubungan kedua belah pihak menjadi tidak menyenangkan bukan?

Antara proteksi tabungan pendidikan anak dengan asuransi pendidikan khusus anak tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Untuk itulah ada baiknya Anda mengetahuinya terlebih dahulu sebelum memutuskan pilihan. Akan memilih tabungan pendidikan ataupun asuransi pendidikan semua tergantung pada diri Anda sendiri. Terpenting adalah dana yang tersimpan tersebut bisa digunakan untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak Anda.

Baca Juga : Manfaat Memasukkan Anak Ke Sekolah Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *