Tips Menjaga Kondisi Mobil Saat Musim Hujan

Mediaindo.net – Beberapa bulan belakangan ini kita masih dihadapkan dengan cuaca yang kurang menentu, seperti terkadang hujan deras tak menentu pada waktu-waktu tertentu dan bahkan terkadang cuaca menjadi panas terik berhari-hari kemudian.Kondisi tersebut tentunya menyebabkan para pemilik mobil harus ekstra menjaga kondisi mobil miliknya agar kondisi mobil terus prima.

Menjaga Kondisi Mobil
Tips Menjaga Kondisi Mobil Saat Musim Hujan

Terlebih lagi kondisi udara di Indonesia mengandung banyak polusi, hal ini menyebabkan pada air hujan mengandung asam dan garam yang cukup tinggi.Tingkat asam dan garam yang tinggi dapat menyebabkan mobil menjadi mudah kotor dan bahkan berkarat. Oleh karena itu berikut kami sajikan bebrapa tips untuk menjaga kondisi mobil selama musim hujan:

  1. Cek karet wiper. Kondisi karet wiper harus secara rutin anda periksa bila sudah dalam kondisi mengeras sebaiknya segera ganti karena karet wiper yang mengeras dapat menyebabkan kaca depan mobil tergores dan juga tidak dapat membersihkan air hujan dengan maksimal sehingga dakan meninggalkan bercak ketika air mengering.
  2. Segera mencuci mobil selepas terguyur hujan. Setelah mobil terkena hujan selama seharian sebaiknya anda membiasakan untuk segera mencuci mobil karena sisa-sisa air hujan di permukaan badan mobil akan mengering dan menjadi bercak-bercak yang jika terlalu lama dibiarkan akan susah dihilangkan. Selain itu air hujan yang mengandung asam dan garam dapat menyebabkan mobil menjadi mudah berkarat.
  3. Periksa secara berkala mesin dan rangkaian elektronik. Selain bagian-bagian luar mobil pada bagian mesin juga perlu mendapat perhatian lebih terutama di saat musim hujan. Bagian-bagian yang harus diperhatikan ialah, saringan udara, saluran bahan bakar dan tangki bahan bakar untuk memastikan tidak terjadi kebocoran sehingga air hujan tidak merembes masuk.

Demikianlah beberapa tips dalam menjaga kondisi mobil selama musim hujan. Harus anda ingat cuaca hujan biasanya dapat menyebabkan kerusakan pada mobil yaitu, baik karena air hujan yang mengandung asam dan garam tinggi ataupun karena mobil terkena banjir.Oleh karena itu sebaiknya anda lebih sering memeriksa kondisi mobil.

Baca juga: Tips yang Perlu Diperhatikan saat Jual Beli Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *