Tips Merawat Rantai Motor Agar Selalu Awet

Tips Otomotif
Tips Merawat Rantai Motor Agar Selalu Awet

Tips Merawat Rantai Motor Agar Selalu Awet

Mempunyai motor sendiri menjadikan kita pun dituntut untuk bisa merawatnya secara berkala supaya motor awet. Nah, perawatan yang dilakukan pada motor anda pun ada banya sektor. Salah satu bagian penting dari motor yang perlu untuk diperhatikan untuk dirawat adalah Rantai. Bukan hal yang baru kalau rantai motor mengalami masalah, seperti kotor dan bahkan berkarat. Masalah-masalah ini memang kerap kali menghantui rantai motor. Sementara rantai yang merupakan komponen penting pada motor apabila bermasalah tentunya juga akan membuat berkendara jelas tidak nyaman. Untuk menhindari hal tersebut, maka anda perlu melakukan perawatan secara berkala pada rantai motor anda sejak anda mempunyai motor. Nah, berikut ini ada beberapa tips otomotif untuk merawat rantai agar tetap selalu awet dan tidak bermasalah :

  1. Periksa Kondisi Rantai Secara Berkala

Tips yang paling mendasar untuk merawat rantai adalah periksa kondisi rantai motor anda secara berkala. Mulai dari mengendurkannya apabila terlalu kencang, ataupun sebaliknya. Idealnya, kondisi rantai perlu diperiksa setiap motor telah menempuh jarak 1000 km.

  1. Bersihkan Kotoran yang Menempel

Membersihkan kotoran yang menempel pada rantai juga tentu sangat penting untuk dilakukan. Anda bisa membersihkan memaki pembersih khusus rantai yang bisa dijumpai di toko maupun bengkel terdekat. Beri pelumas saat sudah dibersihkan.

  1. Memotong Rantai Satu Kali

Tips otomotif untuk merawat rantai agar awet yang selanjutnya adalah memotong rantai satu kali. Tips ini adalah yang ideal untuk menghindarkan masalah rantai motor yang kendur. Tapi perlu diingat, pemotongan rantai hanya disarankan untuk dilakukan satu kali saja, jangan lebih.

  1. Pakailah Gear dan Rantai Asli

Ini juga jelas menjadi tips otomotif untuk merawat rantai yang penting dilakukan. Pemakaian gear dan juga rantai asli sesuai dengan jenis dan merk motor anda akan lebih terjami keawetannya dibanding dengan rantai yang palsu dan malah beresiko pada motor yang juga membuat pengendara tidak nyaman. Apabila memang terpaksa untuk mengganti lantaran gigi pada gear yang menipis, maka pilihlah gear dan rantai yang asli.

  1. Kencangkan As Roda Belakang

As roda belakang pun menjadi bagian yang berpengaruh pada rantai motor dan juga kenyamanan anda berkendara. Apabila As roda belakang kendur, rantai akan ikutan kendur. Hal ini bisa menimbulkan suara yang bising dan bahkan bisa juga membuat rantai terlepas dari gear.

Baca juga: 3 Kota yang Memiliki Pasar Jual Beli Mobil Bekas Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *